Sen. Jul 15th, 2024

Panglima Laskar Ajak Anggota Tumbuhkan Empati pada Korban Bencana Alam

TANAHBUMBU.pelitanusantara.net – Kehadiran bencana alam bisa membawa dua dampak sekaligus. Pertama, biasanya bersifat kerugian secara fisik maupun nonfisik. Seperti korban jiwa yang berjatuhan, serta kerugian dari segi bangunan maupun material lainnya.

Namun, dibalik itu semua bencana ternyata bisa menjadi sarana penyadaran kepada manusia. Karena tidak sedikit orang menjadi sadar diri di saat peringatan Tuhan dengan bencana datang melanda, sehingga bisa menjadi sarana untuk menumbuhkan sikap empati terhadap sesama manusia yang menjadi korban bencana.



Hal seperti ini pun dirasakan oleh Panglima Laskar Banua Borneo (LBB) H. Risdianto Haleng HB, pria penggiat organisasi ini memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap lingkungan sekitar, lewat Organisasi Masyarakat (Ormas) yang diketuainya, dirinya tak henti-henti mengajak anggotanya untuk terus melakukan aksi sosial guna menumbuhkan rasa empati ditengah masyarakat. Apalagi pasca musibah banjir yang seolah menjadi langganan di Tanah Bumbu akhir-akhir ini.

Disela kesibukannya yang juga sebagai staf khusus Bupati Tanah Bumbu, Panglima Laskar mengunjungi Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tanah Bumbu Basuni, di ruang kerjanya dikawasan Jalan Dharma Praja Gunung Tinggi, Rabu (19/05) hari ini.

Kunjungannya tersebut dalam rangka koordinasi dengan Kepala Dinas Sosial terkait bencana alam yang terjadi, Dirinya menanyakan jika terjadi bencana, apa yang bisa dilakukan agar anggota Laskar baik itu LBB maupun Laskar Milenial Borneo (LMB) bisa ikut terlibat dengan kegiatan sosial di masyarakat.

“Saya sudah bicarakan terkait MoU, serta bagaimana rules nya dan dari pihak dinsos seperti apa?,” ungkapnya.”Semoga dari pihak Dinsos juga akan segera ada Kerjasama untuk Laskar, karena bagi Saya kepedulian merupakan rasa yang timbul dari dasar hati yang lantas mampu menggerakan fisik untuk melakukan tindakan, dengan bertujuan untuk membantu para korban bencana,” tambah Panglima Laskar.

Baca Juga  Hari Pertama Lebaran, H Risdianto Haleng Silaturahmi ke Kediaman Bupati

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu menyambut baik hal ini, dirinya pun menyatakan dari pihak Dinsos biasanya menyediakan dapur umum untuk para korban yang terdampak, sehingga dengan adanya hal tersebut dirinya akan mendukung gerakan yang digagas Panglima kepada dirinya tersebut.

Sama halnya dengan Basuni, melalui sambungan telepon Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, Eryanto Rais menyambut baik hal ini, dirinya menambahkan pihaknya juga terus berkoordinasi dengan SKPD terkait seperti Dinas Sosial untuk dapur umum, Dinas Kesehatan untuk tenaga medis dan obat-obatan, Dinas Pertanian, Dinas Perkimtan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta dinas lainnya. Kemudian, Kepolisian, TNI, Basarnas, Relawan, dan pihak lainnya mengenai musibah banjir yang terjadi di Kecamatan Satui.

Hal tersebut tentu akan terus dilakukan untuk penanganan bencana lanjutan, apalagi curah hujan masih terbilang intens di beberapa wilayah.

“Tentu kami siap bersama Laskar untuk melakukan Kerjasama ini, tinggal menunggu MoU,” jelasnya. (Red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *