Ming. Jun 16th, 2024

Kenalkan Kerajinan Lokal, Panglima Laskar Apresiasi Baju Kaos Tenun Khas Pagatan

By Redaksi Jul9,2021

Pelitanusantara.net – Dalam laman media sosial pribadinya, panglima Laskar Banua Borneo (LBB) H. Risdianto Haleng HB memamerkan karya kreatif dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Tanah Bumbu berupa baju kaos dengan motif tenun khas Pagatan.

Melalui awak media, Panglima Laskar mengapresiasi baju kaos bermotif tenun khas Pagatan tersebut, yang juga merupakan hasil kerajinan masyarakat setempat.

Motif tenun yang khas dapat menjadikan produk ini mudah dikenal, namun keberadaanya tentu perlu pasar yang luas agar kerajinan yang dihasilkan menggelindingkan perekonomian pengrajin secara maksimal.

“Kita siap bantu untuk lebih memunculkan beragam hasil kerajinan daerah ini, kaos ini di desain dengan ragam motif menarik, apa lagi dengan tidak meninggalkan ke khasan daerah, ini sangat luar biasa,” ungkap Panglima Laskar.

Panglima Laskar menolak anggapan bahwa Tenun masih dianggap budaya orang-orang tua dan tidak dalam masa kekinian. Ia menilai, sekarang anggapan itu sudah sangat berubah, bahkan di dalam keseharian pun kini sudah bisa dikenakan, baik itu orang tua maupun remaja, apalagi jika di padu padankan dengan memakai sneaker, maupun celana jeans, “Nantinya ini akan menjadi hal yang biasa,” tambahnya.

Dirinya pun menambahkan, Para desainer diharapkan terus bekerja menginovasi kain tenun ini dengan karya-karya terbaik, agar nantinya kita akan kerahkan kepada pemerintah daerah supaya bisa terus membawa nama tenun khas Pagatan ini ke kanca nasional maupun internasional.

“Sejauh ini, beberapa pengrajin tenun sudah ada dibawah naungan Dekranasda, semoga nanti bisa kita optimalkan kinerjanya,” tutup Panglima Laskar. (Red)

Baca Juga  Pengukuhan Pengurus PABPDSI Tanbu di Hadiri Langsung oleh Zairullah Azhar

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *