Desember 10, 2022

Pelitanusantara.netMartapura, Beberapa manfaat pohon untuk kehidupan antara lain (1) menghasilkan oksigen, (2) menyerap gas karbon dioksida, (3) menyerap air hujan dan tata air, (4) sumber pangan dan papan, serta (5) menahan erosi, pengendalian tanah longsor dan banjir. Sadar dengan manfaat dan kebaikan tanaman pohon itu maka kampus 2 STIKes Intan Martapura yang belokasi di Indrasari terus melaksanakan penanaman pohon dan tanaman lainnya.

Selain manfaat diatas, penanaman  pohon dimaksudkan untuk segera “menghijaukan” Kampus 2 yang berlokasi di Indrasari. Dengan semakin banyaknya pohon dan tanaman lainnya akan memperbaiki iklim mikro setempat dan menciptakan kenyamanan aktivitas belajar bagi seluruh sivitas akademika STIKes Intan Martapura.

Kegiatan penanaman sudah dimulai sejak operasional Kampus 2 tahun 2019 lalu. Kegiatan penanaman tanaman terus “digalakan” termasuk pada 23 September 2022 ini. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan “Jumat-Bersih”.

Dimana kita semua umat manusia di Bumi didorong untuk melakukan aksi untuk mewujudkan keberlanjutan lingkungan dalam harmonis bersama-sama dengan lingkungan hidup alami. Menjaga lingkungan hidup sebagai “rumah kita” agar bermanfaat dan berfungsi lestari (sustainable) bagi generasi kini dan mendatang.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Yayasan Banjar Insan Prestasi Dr. Taufik Arbain, M.Msi dan Ketua STIKes Intan Martapura Hj. Zubaidah, SST,S.Kep.,MPH, bersama jajarannya, serta sivitas akademika lainnya untuk melakukan aksi nyata penanaman pohon.

Kegiatan penanaman dibantu pula oleh pimpinan, dosen dan staf STIKes Intan Martapura. Kegiatan ini terus dilakukan secara rutin yang bertujuan meng-hijau-kan Kampus 2 STIKes Intan Martapura dengan lebih cepat.

Setelah melakukan pembangunan gedung-gedung di Kampus 2 berdiri dan operasional, maka pada saat ini terus dikejar aksi dan upaya perlindungan-pelestarian lingkungan hidup, antara lain melalui penanaman pohon, manajeman tata-air dan lahan, pengelolaan sampah dan limbah, sehingga menjamin keberlanjutan (sustainability).

Penanaman pohon jenis unggulan setempat serta multi-fungsi akan terus dilakukan secara masif di lingkungan Kampus 2 untuk mencapai keseimbagan lingkungan. Hal tersebut dilandasi pemahaman akan fungsi pohon dalam menjaga ekosistem, yaitu pada fungsi penyerapan CO2 sekaligus produksi oksigen melalui proses fotosistesis.

Dengan banyaknya pohon yang ditanam maka akan mereduksi gas rumah kaca (GRK) khususnya CO2, memperbaiki iklim mikro, lingkungan menjadi lebih hijau-sejuk-nyaman, dan tentunya akan menunjang aktivitas kampus dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, maupun bagi lingkungan masyarakat sekitarnya.

Bagikan
 
 
        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.