Kam. Jun 20th, 2024

Si ‘Toni Keliling’ Mangkal di Perbatasan Kabupaten Banjar – Tanah Bumbu

By Redaksi Jun24,2021

PELITANUSANTARA.NET,BATULICIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Dinas Ketahanan Pangan kembali melaksanakan kegiatan mobile Toko Tani Indonesia Keliling (Sitoni Keliling).

Kali ini, Sitoni Keliling beroperasi di Gerbang Pintu Masuk di Perbatasan Kabupaten Banjar-Tanah Bumbu, yakni Desa Emil Baru Kecamatan Mentewe, pada Selasa (22/06/2021).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanbu, Nahrul Fajeri, mengatakan kegiatan Sitoni Keliling ini sebagai apresiasi arahan Bupati HM.Zairullah Azhar dalam hal membantu perekonomian masyarakat untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

“Dengan program si ‘Toni Keliling’ ini paling tidak sedikit meringankan beban daya beli masyarakat Desa Emil Baru untuk memenuhi kebutuhan pokok,” ucap Nahrul.

Nahrul, menjelaskan Desa Emil Baru merupakan desa perbatasan yang jarak tempuh ke ibukota Kabupaten (Batulicin red) jarak tempuhnya kurang lebih 97 km. Jarak tempuh yang cukup jauh dari pasar sehingga harga bahan kebutuhan pokok cukup tinggi.

Adanya Sitoni Keliling ini tentunya sangat membantu masyarakat karena bahan pokok harganya lebih murah dan terjangkau.

Bahan pokok yang dijual Sitoni diantaranya beras lokal kerjasama dengan Gapoktan PUPM Desa Salimuran, Gula Pasir kerjasama dengan Bulog, Minyak Goreng kerjasama dengan Distributor Gula di Kecamatan Kusan Hilir (Pagatan), Garam Dapur kerjasama dengan distributor di Pagatan, dan lainnya.

Selanjutnya, secara bertahap wilayah operasi Sitoni Keliling akan menuju Desa yang akses jalannya masih dalam pembenahan pemerintah daerah, yang jelas cukup jauh dari akses pasar/ ibukota.

“Keberadaan Sitoni ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena sangat membantu dalam memperoleh bahan pokok dengan harga terjangkau,” pungkas Nahrul. (**)

Baca Juga  Hingga Kini, Kontingen Tanah Bumbu Raih Sementara 38 Medali

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *