Kam. Feb 22nd, 2024

Sekretaris Daerah Kalsel Ekspor Perdana Porang Asal Balangan ke Jepang

PELITANUSANTARA.NET – Sekda Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar melepas ekspor perdana porang asal Kabupaten Balangan ke Jepang sebanyak 10 ton dari total permintaan 100 ton yang harus dipenuhi dalam waktu lima bulan.

Pada pelepasan ekspor porang di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Kalimantan Selatan Roy mengatakan bahwa pelepasan ekspor perdana produk pertanian berupa porang chips ini, menjadi bukti bahwa pemerintah memberikan dukungan yang kuat terhadap petani dan pelaku usaha pertanian di Kalsel, khususnya di Kabupaten Balangan, Dalam Pelepasan tersebut juga dihadiri Bupati Balangan Abdul Hadi bersama jajaran pejabat Kemernterian Pertanian maupun daerah terkait lainnya.

Roy mengungkapkan bahwa pada dasarnya porang merupan tumbuhan yang sudah lama berkembang di Kalsel dan banyak ditemui di hutan-hutan di seluruh provinsi ini, Hanya saja, baru tiga tahun terakhir ini, petani Kalsel berusaha membudidayakan tanaman pertanian yang memiliki nilai ekonomis tinggi ini, dan kini mulai menggeliat.

Saat ini, telah ada sekitar 926 hektare lahan yang dimanfaatkan untuk budi daya porang dengan produksi 50 ton per hektare umbi basah,
Sehingga, produksi porang Kalsel kini telah mencapa 46.300 ton umbi basah, dan diharapkan produksi ini akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya luasan tanaman porang yang diharapkan akan dikembangkan di seluruh wilayah kalsel.

Sekda meyakini, eskpor porang menjadi peluang emas untuk menjadi tanaman pangan unggulan dan upaya meningkatkan kesejahteraan petani di daerah, mengingat peluang ekspor tanaman umbi-umbian (Amorphophallus Muelleri) ini cukp luas.

Sehingga, tambah dia, saya harapkan, seluruh pemerintah daerah terus mendorong petani untuk mengembangkan dan membudidayakan sektor ini. (Andre)

Baca Juga  Ketua MPR RI Apresiasi Pencapaian Kinerja 100 Hari Kapolri

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *