Desember 10, 2022

Pelitanusantara.net, Martapura – Giat kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Stikes Intan Martapura merupakan program kerja dari divisi pengabdian masyarakat yang berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi D3 Keperawatan dan Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu tanggal 19 -20 November 2022 di Desa Paau Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar.

Kegiatan ini diawali dengan berkunjung dengan kepala desa Paau, setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan promosi kesehatan tentang PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat ) yang dimana sasarannya adalah siswa(i) Madrasah Ibtidaiyah Desa Paau. Dalam rangkaian kegiatan promosi kesehatan diselingi dengan game untuk anak – anak dan pembagian susu UHT serta pembagian buku hasil dari open donasi.

Tidak hanya sampai disitu kegiatan giat pengmas ini dilanjutkan dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis yang sasarannya adalah warga setempat, dimana pemeriksaan tersebut adalah pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah dan pemeriksaan asam urat.

Setelah selesai kegiatan di hari pertama pada hari sabtu, dilanjutkan pada malam harinya yaitu kegiatan selanjutnya yaitu nonton bareng bersama warga Desa Paau, dengan film Laskar Pelangi. Kegiatan dilanjutkan kegiatan hari terakhir pada hari minggu pagi yaitu penyerahan donasi tempat sampah dan donasi buku baca untuk anak anak yang di terima langsung oleh Bapak Aspian Alpawi selaku Sekretaris Desa Paau.

Kegiatan terakhir yaitu penandatangan MoU antara Kampus Stikes Intan Martapura dengan Perangkat Desa Paau dan dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon. Pohon yang ditanam diantaranya adalah jenis sepatudea dan jambu kristal. Kegiatan penanaman pohon ini bertempat di destinasi wisata yang ada di Desa Paau yaitu Batu Balian.

“Kegiatan pengabdian masyarakat itu sebagai bentuk responsif mahasiswa Stikes Intan Martapura dengan kondisi kesehatan masyarakat di Desa, khususnya Desa Paau. Banyak masyarakat kita yang belum tersentuh untuk mendapatkan akses kesehatan secara mudah dan terjangkau. Kehadiran BEM STIKes di tengah-tengah masyarakat Desa Paau, tentu untuk memberikan edukasi terkait kesehatan dan untuk mempermudah masyarakat untuk mengakses kesehatannya” Kata Bardian selaku Ketua BEM STIKes Intan Martapura.

Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan sponsori oleh Lesehan Terapung Rama Shinta, Prediksi.co dan Rumah Sunat Al-Farizi dan didukung oleh SAN Chapter Banjarmasin, BEM Politiknik Tanah Laut, KSR-PMI unit Stikes Intan Martapura, KPH Kayu Tangi dan BEM Universitas Cahaya Bangsa.

Sekretaris Desa Paau juga menyambut baik kegiatan pengabdian dari mahasiswa Stikes Intan Martapura melalui BEM nya.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dimana dapat memberikan edukasi bagi anak-anak tentang pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, serta memberikan manfaat pada warga warga yang ingin berkonsultasi masalah kesehatannya dan juga dapat memberikan hal positif pada Desa kami supaya lebih dikenal banyak orang” ungkap Aspian Alpawi.

Salah seorang warga juga mengatakan senang dengan adanya kegiatan ini karena mereka bisa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mereka dan bisa berkonsultasi tentang masalah kesehatan mudah mudahan kegiatan ini bisa kembali diadakan tutur salah satu warga Desa Paau.

Bagikan
 
 
        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.