Sen. Jul 15th, 2024

Langkah Cepat Pemkab Tanbu: Relokasi Warga Desa Sinar Bulan Setelah Banjir

By Haidar Audah Jun15,2024
Banjir di Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu

Batulicin – Banjir yang sempat merendam kawasan Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, kini telah surut. Namun, beberapa daerah rawan seperti Desa Sinar Bulan masih tergenang air, membuat warga di sana tetap waspada.

Menanggapi kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengambil langkah proaktif dengan merencanakan relokasi warga yang tinggal di daerah rawan banjir.

Rencana tersebut disampaikan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan), Firdaus, Rabu (12/6/2024).

Firdaus menjelaskan bahwa untuk mendukung relokasi tersebut, pihaknya telah menyiapkan tanah seluas 2 hektar di wilayah Desa Sinar Bulan. Lahan ini akan digunakan untuk membangun rumah permanen dengan tipe 36.

“Di tahun 2022 kami sudah menyiapkan lahan 1 hektar dengan 11 unit rumah, kemudian 2023 satu hektar lagi, dengan 9 buah rumah dan di 2024 di anggarankan 7 buah rumah  lagi,” ungkapnya.

Meskipun rumah-rumah tersebut telah dibangun, warga yang akan direlokasi belum dapat menempati rumah baru mereka karena masih menunggu instalasi listrik, PJU, air, dan fasilitas lainnya.

Nantinya rumah warga yang berada di bantaran sungai tersebut akan di hancurkan, dan kemungkinan kedepannya akan di olah menjadi siring, atau yang lainnnya.

Sementara itu, Firdaus juga menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan pendataan terlebih dahulu untuk warga di daerah Berkat Mufakat sebelum mengambil langkah relokasi lebih lanjut.

Langkah relokasi ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Tanah Bumbu untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi warganya, serta mengurangi risiko bencana banjir di masa depan.

 

Sumber : tribuntanahbumbu.com

Baca Juga  Bupati Tanbu Turun Langsung ke Lokasi Banjir: Relokasi akan Segera Diupayakan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *