Rab. Jun 19th, 2024

Ketua KPU Tanbu Buka Suara Soal Persiapan Pilkada 2024

By Redaksi Jun10,2024
Ketua KPU Tanbu, Puryadi (Foto Istimewa)

Batulicin – Dalam rangka mempersiapkan Pilkada bulan November tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Bumbu (Tanbu) telah melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) diseluruh Kecamatan yang ada di Tanbu selama bulan mei 2024.

“Kami telah melantik PPK sebanyak 60 orang dan PPS sebanyak 471 orang per Kecamatan di Tanbu.” kata Ketua KPU Tanbu Puryadi saat kami wawancara diruangannya, Senin (10/06/2024).

KPU telah membagi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Tanbu yang akan digunakan untuk Pilkada tahun 2024 sebanyak 549 TPS, termasuk TPS khusus yang ada di lapas kelas III Batulicin agar dapat memaksimalkan jalannya Pilkada tahun ini.

“Sesuai petunjuk arahan KPU RI serta PKPU tentang pemutakhiran data pemilih, jumlah pemilih per TPS untuk Pilkada tahun 2024 ini dimaksimalkan sebanyak 600 orang pemilih per TPS.” tambahnya.

Dalam kegiatannya, Selasa (11/06/2024), KPU akan melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk PPK tentang Pemutakhiran Data Pemilih. Selanjutnya, PPK akan meneruskan Bimtek terhadap PPS agar bisa dibentuk Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih).

“Untuk Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih ini, kami kasih tenggang waktu sampai tanggal 22 juni 2024 harus selesai, karena 23 juni sudah pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan 24 juni akan di adakan apel serentak untuk pencoklitan kesiap-siagaan Pantarlih untuk melaksanakan Pilkada ini.” tegasnya.

Puryadi juga menerangkan bahwa semua petugas akan dipilih ulang, karena semua petugas yang melaksanakan Pileg sudah dibubarkan pada bulan maret tahun 2024 lalu.

“Petugas tentunya akan baru lagi, kita akan melakukan perekrutan ulang karena petugas yang lama sudah dibubarkan 1 bulan setelah pemungutan suara, yaitu di bulan maret 2024 kemarin.” tutupnya. (Red)

Baca Juga  Zairullah Serahkan Secara Langsung Korban Terdampak Banjir

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *