Sen. Jul 15th, 2024

Stikes Intan Martapura dan BKKBN Bersama Turunkan Angka Stunting

By Redaksi Jun13,2024
Para Dosen Stikes Intan Martapura dan BKKBN

Martapura – KKN Tematik Stunting merupakan wujud pembelajaran mahasiswa dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan mengangkat tema tentang Program Percepatan Penurunan Stunting. KKN Tematik Stunting dilaksanakan berdasarkan pada suatu tema yang merupakan gagasan bersama antara perguruan tinggi (fakultas, program studi, dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) dengan pihak BKKBN.

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi tentang bentuk kegiatan serta target KKN Tematik Stunting BKKBN yang bertempat di Aula Kampus 1 Stikes Intan Martapura.

Acara ini dihadiri Ketua Stikes Intan Martapura, para Dosen Stikes Intan, Ketua Tim Kerja Bidang Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) beserta tim.

Sopyan, S.Sos., MA. selaku Ketua Tim Kerja Bidang Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel dalam sosialisasi ini menyampaikan KKN Tematik BKKBN ini bertujuan untuk stimulus dalam pencapaian sasaran program percepatan penurunan stunting bagi pengelola program di tingkat lini lapangan.

“Program ini setelah ditentukan dosen pendamping lapangan dan mahasiswa, akan dimulai dengan Pelatihan melalui sistem daring di LMS Sistem Belajar Mandiri (SiBiMA) BKKBN untuk Dosen dan Mahasiswa yang terlibat dalam KKN ini,” ucap Sopyan.

“Pada prinsipnya,BKKBN tidak mengikat hanya kegiatan tertentu untuk dilaksanakan di lapangan, sehingga bersifat sangat fleksibel. Namun, setidaknya terdapat 3 (tiga) kegiatan pokok pendampingan yang dapat dilakukan di lapangan, yaitu pelaksanaan edukasi langsung ke masyarakat, penguatan dan pendampingan kader, serta pendampingan Dapur Sehat
Atasi Stunting (DASHAT),” tambah Sopyan.

Hj. Zubaidah, SST., S.Kep., MPH. selaku Ketua Stikes Intan Martapura menyambut antusias kepercayaan BKKBN Provinsi Kalsel yang menunjuk Stikes Intan Martapura sebagai salah satu mitra KKN Tematik Stunting BKKBN di daerah Kab. Tapin.

“Kami sangat senang bisa diberi kepercayaan untuk terlibat dalam KKN Tematik BKKBN Tahun 2024 ini. Kami sudah menyiapkan mahasiswa dari dua program studi, yaitu Sarjana Administrasi Rumah Sakit dan Sarjana Keperawatan beserta Dosen Pendamping Lapangannya,” kata Hj. Zubaidah.

Baca Juga  Risdianto Haleng Ucapkan Selamat dan Sukses Pelaksanaan Munas Kadin di Kendari Yang Dilaksanakan Hingga 02 Juli Mendatang

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *