September 30, 2022

Pelitanusantara.net – Banjarmasin, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kalimantan Selatan terus berbenah memantapkan internal partai, baik melalui konsolidasi partai hingga pelaksanaan musyawarah kerja wilayah (muskerwil) di tingkat provinsi, Ahad (30/1/2022).

Pemantapan di internal partai besutan almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini untuk kesiapan merealisasikan dua target, yakni meraih kemenangan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) di tahun 2024 mendatang.

Karena itu PKB Kalsel yang dinakhodai dr HM Zairullah Azhar kemudian melaksanakan muskerwil setelah rampungnya konsolidasi partai di tingkat kabupaten dan kota se-Kalsel.

Kepada wartawan di Banjarmasin, Zairullah Azhar mengungkapkan melalui kegiatan muskerwil kali ini memang ada target, yakni meraih kemenangan di Pileg yang akan dilaksanakan Februari 2024, kemudian Pilkada pada November 2024.

“Untuk merealisasikan target-target itu, maka kita lakukan konsolidasi organisasi secara total, tentunya didukung penuh pengurus wilayah dan DPC-DPC PKB se-Kalsel,” ujar Zairullah.

Zairullah yang juga Bupati Tanah Bumbu ini melanjutkan konsolidasi total itu dengan melakukan pembenahan dan penguatan struktur, baik di tingkat wilayah, kabupaten/kota, kecamatan hingga desa bahkan kalau perlu ditingkat Rukun Tetangga (RT).

Bapaknya Istana Anak Yatim Batulicin, yang ditemui disela kegiatan Muskerwil PKB Kalsel di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin menguraikan untuk penguatan basis itu tentu akan kita buat jaringan yang terprogram dengan baik dan tersistem, sehingga insyaallah menjadi kekuatan besar bagi PKB, apalagi ditengah keterbukaan informasi dan ada tantangan ditengah pandemi Covid-19.

“PKB harus punya basis yang kuat, yaitu struktur partai, kita nanti membangun komunikasi dan silaturahmi disetiap tingkatan basis, bisa mulai dari RT, lingkungan, desa, kecamatan hingga kabupaten dan kota serta wilayah,” terangnya.

Lanjutnya untuk merealisasikan target-target kita itu, maka tentu diperlukan banyak tokoh dan kader, karena itu dalam waktu dekat kita akan mengadakan silaturahmi akbar kader, mereka itu nantinya kita berikan pembekalan, penguatan dan membangun komitmen bersama.

“Sehingga kawan-kawan, kader dan tokoh yang berada di lapangan memiliki semangat dan motivasi kuat, insyaallah nantinya tercapai apa yang menjadi cita-cita dan harapan PKB bisa membangun nilai-nilai kehidupan dengan landasan agama,” tukasnya.

Karena itu target 2024 mendatang, kita ingin setiap kabupaten/kota minimal bisa mendominasi dan bisa mengusung kepala daerah tanpa koalisi dengan partai lain, tapi itu juga melihat dari hasil pileg nantinya, sebab dalam politik itu bisa saja targetnya berubah.

Sementara untuk Pilkada 2024, selain menunggu hasil pilegnya, kita ada beberapa daerah yang potensial, yakni HSU, Tabalong, Tapin, Balangan, HSS, Banjar dan Batola, tentunya bisa pada posisi kepala daerah atau wakil kepala daerah.

“Salah satu kader kita, yakni Hormansyah, kita dorong maju calon bupati di HSU, karena sudah saatnya beliau untuk berbakti bagi daerahnya,” sebut Zairullah.

Sedangkan untuk Pilgub 2024, kita juga menunggu hasil pileg ditingkat provinsi, apakah bisa mengusulkan sendiri atau tidak, seandainya bisa maka insyaallah kita maju.

Disinggung soal Capres 2024, diungkapkan Zairullah, DPP PKB memang akan mengusung Ketua Umum Muhaimin Iskandar, karena itu keputusan pusat, maka kita di daerah akan perjuangkan, apakah nantinya ketua umum itu maju sebagai calon presiden atau calon wakil presiden, tentunya kita tunggu perkembangannya.

Bagikan
 
 
        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.