Sen. Jul 15th, 2024

Menghadapi Ancaman Digital, Diskominfosp Tanbu Gelar Bimtek Keamanan Siber

By Haidar Audah Jun16,2024
Diskominfosp Tanbu Bersama Jajaran

Batulicin – Dinas Komunikasi dan Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfosp) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) keamanan siber, Kamis (13/06).

Bupati Tanbu Zairullah Azhar melalui Kepala Dinas (Kadis) Diskominfosp Al Husain Mardani, Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada SKPD. Terutama dalam menghadapi ancaman siber dengan melakukan pemetaan profil resiko keamanan siber disetiap SKPD.

Al Husain juga menjelaskan, informasi merupakan aset penting dan berharga bagi suatu pemerintah daerah. Keamanan informasi dengan menjaga informasi dari semua hal yang mungkin terjadi dalam upaya memastikan atau menjamin kelangsungan organisasi di suatu pemerintah daerah.

Ia juga menambahkan, bahwa serangan siber yang mengganggu dapat menyebabkan kerugian yang signifikan bagi organisasi ataupun konsitutennya.

“Harapan kedepannya dapat mengiliminir permasalahan persandian dan kebocoran informasi,” ujar Al Husain.

Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dinas Kominfosp Tanbu, Susi Marliana Dewi menambahkan, Bimtek turut menghadirkan narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Sedangkan pesertanya, yaitu para pengelola dan pembuat website di seluruh SKPD Pemkab Tanbu.

“Tujuannya untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi potensi serangan pada website, dengan melakukan penguatan pada sisi website serta konfigurasi yang benar pada sisi website,” tambah Al Husain.

Kemudian, narasumber Bimtek yaitu Sandiman Ahi Muda pada Direktorat Operasi Keamanan Siber BSSN Rizki Yugitama menjelaskan, berdasarkan data dari Kominfo pertahun 2023, terdapat total 2.071.767 penanganan kasus konten negatif yang ada pada situs dan 1.553.642 pada media sosial.

Statistik tersebut mengarah kepada pornografi, perjudian, penipuan, dan pelanggaran intelektual.

Social Cyber Security¬†tidak bisa diselesaikan hanya satu instansi, perlu adanya kerjasama dan peran bersama,” tutupnya.

 

sumber : radio-swarabersujud.com

Baca Juga  DPRD Tanbu Setujui KUPA-PPAS Tahun Anggaran 2023

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *