Desember 10, 2022

Pelitanusantara.net, Martapura – Kemah bakti merupakan berbentuk perkemahan besar, dalam rangka mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat. Kemah Bakti merupakan salah satu wadah kegiatan untuk mewujudkan tujuan di atas yaitu membangun dan menguatkan semangat kebangsaan serta semangat kepedulian yang menjadi komitmen kuat seluruh pemuda bersama unsur pendukungnya.

Konsep tersebut dimunculkan oleh Pramuka awalnya. Kemudian DPD KNPI Kab. Banjar mengadopsi hal tersebut dengan merangkul Organisasi Kepemudaan yang ada di Kabupaten Banjar. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 18-20 November 2022 di Tahura Mandiangin.

Dewi Heldayati, S.Pd.I selaku Ketua Pelaksana kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi penyemangat pemuda(i) yang tergabung dibeberapa organisasi kepemudaan di kabupaten banjar dalam mempersiapkan perannya di masa akan datang. Kegiatan ini bukan hanya kemah bakti biasa, karena dalam kegiatan ini juga diisi oleh 2 orang narasumber yang luar biasa, yaitu Prof. Dr. Ahmad, S.E., M.Si. selaku Rektor ULM periode 2022 – 2026 dan Hj. Ananda Mantan Ketua DPRD Kota Banjarmasin.

“Kami mengagendakan kegiatan kemah bakti ini agar para pemuda(i) Kabupaten Banjar termotivasi untuk menjadi insan yang lebih baik dan siap mengambil peran untuk perubahan di masa depan yang lebih baik” kata Dewi Heldayati.

“Dalam kegiatan ini juga diisi dengan pembacaan maulid habsyi malam pertama, pentas seni malam kedua dan kegiatan bakti dengan membersihkan 2 buah musholla di daerah mandiangin barat serta outbound gabungan panitia dan seluruh peserta” tambah Dewi Heldayati.

“Pemuda saat ini jangan sampai hanya menjadi follower tapi harus menjadi sosok inovator yang berani beda dari yang lain dan memberikan perubahan” kata Prof. Dr. Ahmad, S.E., M.Si. menekankan saat menyampaikan materi Beliau.

Dalam kesempatan materi kedua, Hj. Ananda menyampaikan materi tentang Public Speaking. Dimana menurut Hj. Ananda semua pekerjaan di dunia ini memerlukan public speaking, tanpa terkecuali emak-emak rempong.
“Kemampuan public speaking harus dimiliki seluruh orang karena dapat membantu meningkatkan percaya diri, meningkatkan kualitas diri, membuat diri lebih berpikir kritis dan juga meningkatkan kemampuan dalam memimpin” kata Hj. Ananda.

Rahmat Saleh, S.Pd.I selaku Ketua DPD KNPI Kab Banjar sangat mengapresiasi kegiatan kemah bakti ini.

“Kegiatan ini dikonsep dengan luar biasa oleh para panitia dari DPD KNPI Kab Banjar dengan mendatangkan 2 narasumber yang sangat berpengaruh di Kalimantan Selatan saat ini dan para peserta juga terlihat sangat aktif dan gembira dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan kemah bakti ini, semoga kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan berkelanjutan” kata Rahmat Saleh dalam sambutannya pada acara penutupan kegiatan kemah bakti ini.

Adji salah seorang mahasiswa Stikes Intan Martapura yang juga peserta dalam kegiatan ini berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Kemah bakti ini sangat luar biasa karena kami langsung mendapatkan materi dan motivasi dari 2 narasumber yang tidak terbayangkan dari kami. Saya tidak menyangka bisa bertemu langsung dengan Bapak Prof. Dr. Ahmad, S.E., M.Si. dan Ibu Hj. Ananda yang sangat menginspirasi” kata Adji.

Bagikan
 
 
        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.