Sel. Jul 23rd, 2024

SBC Galang Donasi Bantu Warga Bayar Iuran BPJS Kesehatan

By Redaksi Jan29,2021

PELITANUSANTARA.NET- Organisasi sosial Sahabat Balangan Centre (SBC) terus berupaya agar setiap warga yang benar-benar layak dan patut dibantu layanan kesehatan dapat terus tercover layanan BPJS Kesehatan.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Humas SBC Roly Supriadi Jumat 29 Januari 2021 menyikapi pemutusan hubungan kerjasama antara Pemkab Balangan dengan BPJS Kesehatan sejak 1 Januari 2021.

Diutarakannya, SBC membuka donasi bagi warga masyarakat Balangan yang tidak mampu untuk membayar iuran BPJS Kesehatan yang kini distop sementara oleh Pemerintah Kabupaten Balangan.

 

Diterangkannya, jaminan kesehatan bagi warga masyarakat sangat penting khususnya di Bumi Sanggam, untuk itu, organisasi sosial Sahabat Balangan Centre bergerak mengumpulkan donasi demi melanjutkan iuran BPJS Kesehatan bagi warga yang dinilai dalam kondisi membutuhkan dengan segera layanan kesehatan maupun tindakan medis.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Balangan merupakan satu-satunya di Provinsi Kalimantan Selatan sebagai pelaksana sekaligus peraih Universal Health Cooverage (UHC) Award pada 2017 silam, karena berhasil mendaftarkan seluruh warganya dalam cakupan layanan kesehatan semesta untuk penduduknya.

Menurutnya, untuk bisa melaksanakan kembali program UHC tersebut, Pemkab Balangan tentunya butuh proses administrasi dan lain sebagaimannya, sementara warga yang menderita berbagai penyakit, tetap harus mendapatkan pelayanan kesehatan.

Diketahui, sejak 5 Januari 2021 Sahabat Balangan Centre mencoba membuka donasi untuk bergotong royong membantu sesama dalam memecahkan isu sosial tersebut, disela berbagai kesibukan menghadapi bahkan membantu para korban bencana alam di wilayah Kalsel.

Pada Januari 2021, dari hasil donasi yang terkumpul sebesar Rp15.233.000 telah dipergunakan sepenuhnya untuk iuran kepesertaan BPJS Kesehatan bagi 437 warga yang dinilai perlu dibantu dan mendesak, dengan total pembayaran Rp16.120.000 sehingga menyisakan hutang sebesar Rp887.000.

Baca Juga  Bupati HSS Kukuhkan UP3

“Berikutnya pada Februari 2021, tentunya semua itu harus dilanjutkan, dan insya Allah jumlahnya pun bertambah, di mana kami mengupayakan donasi maksimal dengan perkiraan dana persiapan sebesar Rp20.000.000 melalui Rekening Sahabat Balangan Centre (SBC) 013.03.01.15130.2 di Bank Kalsel,” katanya.

Terakhir, Roly mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat yang telah berpartisipasi serta ikut berdonasi. “Kami tidak akan pernah mengkhianati amanah kalian, semua donasi selalu kami serahkan sepenuhnya kepada mereka yang berhak dan patut dibantu,” tutupnya.(ril)

Editor:ahmadi

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *