Kam. Feb 22nd, 2024

Risdianto Haleng Kunjungi Dispersip kalsel saat di Banjarmasin

By Redaksi Jul 13, 2021

Pelitanusantara – Panglima Laskar Banua Borneo (LBB), H. Risdianto Haleng HB, mendatangi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan, Selasa (13/7/2021) sekitar pukul 10.05 Wita. Dirinya melihat langsung kondisi perpustakaan yang ada di Jalan A. Yani No. 6, Pemurus Luar, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kadispersip Kalsel, Dra Hj Nurliani, M.AP., atau yang akrab disapa Bunda Nunung beserta Dr. M. Ramadhan, S.E, M.E, Ak, CA selaku Sekretaris Dispersip dan Wildan Akhyar, S.E, M.Si selaku Kabid Pelayanan dan Pembinaan dan Perpustakaan menyambut baik kedatangan Panglima Laskar tersebut, tak lama kemudian bersama Sekretaris Dispersip, Panglima Laskar diajak berkeliling melihat-lihat langsung keindahan lokasi sekitar.

“Luar biasa maju perpustakaan Kalsel, tidak menyangka saya bisa sebagus ini, beberapa tahun silam saya sempat kesini, belum sebagus sekarang, kalau sekarang ini luar biasa, saya sampai takjub,” terang Panglima Laskar.

Selain itu, Panglima Laskar juga menyebutkan, kedatangannya mengunjungi perpustakaan ini juga salah satunya untuk mendorong pemerintah menjadikan perpustakaan sebagai satu prioritas pembangunan.

“Tempatnya disini bersih, fasilitas anak baik belajar maupun bermain lengkap, bahkan kalau dilihat seperti ini kondisinya, perpustakaan ini bisa dikategorikan menjadi tempat wisata juga,” tambah pria yang juga merupakan staff khusus Bupati Tanah Bumbu ini.

Kadispersip Kalsel, melalui Sekretaris Dispersip Ramadhan, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Panglima Laskar itu. Ia menilai butuh dukungan banyak pihak untuk pemenuhan program pembangunan perpustakaan di Kalimantan Selatan, guna mempertahankan dan meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi (IPL) dan minat baca bagi masyarakat.

Sebelumnya, Bunda Nunung bersama anggota juga sempat melakukan kunjungan ke beberapa kabupaten di Kalimantan Selatan, yang bertema “Strategi Merangkul Stakeholder dalam Rangka Meningkatkan Minat Baca di Provinsi Kalimantan Selatan”.

Baca Juga  Wabup Tanbu Lakukan Studi Komparasi ke Bantaeng, Rusli : Berharap SLRT Diaplikasikan di Tanbu

Salah satunya adalah Kabupaten Tanah Bumbu, dalam kunjungannya beberapa waktu lalu, Bunda Nunung disambut langsung oleh Bupati Tanah Bumbu,H M Zairullah Azhar, M.Sc. beserta Wakil Bupati Tanah Bumbu H M rusli, S.Sos.

Melalui MC Kalimantan Selatan, Bunda Nunung menyebutkan, strategi tersebut dilakukan, karena saat ini tingkat kegemaran membaca di Kalsel belum terbilang bagus, meskipun memiliki IPL tertinggi se-Indonesia.

Bunda Nunung juga menambahkan, tingkat kegemaran membaca masyarakat Kalsel berada pada posisi ke 17 dari 34 provinsi di Indonesia, dengan nilai 55,85 % berdasarkan hasil survei Perpusnas RI tahun 2020 lalu.

Sementara, untuk indeks pembangunan literasi, Kalsel menjadi Provinsi dengan IPL tertinggi se-Indonesia dengan nilai 48,7.

Hal ini dilakukan, sebagai upaya memenuhi standar nasional perpustakaan. “Program pembinaan perpustakaan juga kita lakukan ke sekolah. Serta menggandeng semua pihak,” papar wanita yang ramah dan terlihat nyentrik disetiap kesempatan tersebut.

Bunda Nunung pun berharap, kunjungan yang Ia lakukan beberapa waktu lalu juga bisa mendapatkan dukungan pemerintah pusat dalam pengembangan perpustakaan Kalimantan Selatan. (Red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *