Ming. Jun 16th, 2024

Pelatihan Kader PATBM Tanah Bumbu, Secara Resmi dibuka

By Redaksi Jun24,2021

PELITANUSANTARA.NET,BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Pelatihan bagi Kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Tingkat Kabupaten.

Kegiatan tersebut dibuka Bupati Tanah Bumbu melalui Asisten Administrasi Umum Andi Aminuddin, di Ruang Rapat Bersujud Kantor Bupati, Selasa (22/06/2021).

Dikatakan Bupati, PATBM adalah sebuah gerakan dari jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat.

“Mereka bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak dan menumbuhkan inisiatif masyarakat sebagai ujung tombak untuk melakukan upaya pencegahan dengan kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap dan perilaku yang memberikan perlindungan kepada anak,” ujarnya.

Lanjutnya, kekerasan terhadap anak telah memberikan dampak negatif dan luas, tidak hanya terhadap korban tetapi juga berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang anak dalam kehidupan satu keluarga. Mengingat kekerasan terhadap perempuan dan anak seringkali terjadi di lingkungan rumah tangga, lingkungan publik atau di suatu komunitas.

“Harapan saya agar kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat memiliki loyalitas, integritas dan komitmen yang tinggi dalam memberikan layanan terhadap perempuan dan anak yang mengalami permasalahan kekerasan fisik maupun psikis, kekerasan seksual dan penelantaran,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dengan adanya pelatihan bagi kader akan dapat optimal dalam memberikan pelayanan penanganan masalah anak dan perempuan yang terjadi di Tanah Bumbu sehingga masyarakat bisa hidup aman, sejahtera dan damai bagi seluruh lapisan masyarakat Bumi Bersujud.

“Untuk itu, saya berpesan kepada seluruh peserta pelatihan Kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat, kiranya diikuti dengan serius. Kedepan akan menghasilkan kader yang handal dan professional, penuh pengabdian dalam melaksanakan tugasnya, serta mengedepankan tugas kemanusiaan, ketimbang menuntut keuntungan pribadi yang sifatnya berlebihan,” tutupnya. (**)

Baca Juga  Dinkes Tanah Bumbu Menggelar Vaksinansi Massal

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *