Ming. Mei 19th, 2024

Musim Pancaroba, LBB Gelar Penyuluhan DBD sekaligus Kunjungan Kerja ke PAC Kusan Hulu

By Redaksi Mar14,2021

PELITANUSANTARA.NET- Ketua Umum atau Panglima Laskar Banua Borneo (LBB) H. Risdianto Haleng HB, bersama beberapa anggota menggelar kunjungan kerja LBB ke PAC (Pimpinan Anak Cabang) Kecamatan Kusan Hulu, Minggu (14/03) Siang ini.

Acara yang berlangsung sejak pukul 15.30 Wita tersebut, disambut langsung oleh Mansyur selaku Ketua PAC Kusan Hulu dan Tukimin selaku penasehat LBB PAC Kusan Hulu kemudian dilanjutkan dengan materi penyuluhan tentang Penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD) baik Gejala, Pengobatan dan Tata-cara Pencegahan.

Dalam acara tersebut, LBB juga menghadirkan dr. Ardian dari DPP LBB yang berkesempatan memberikan penyuluhan kesehatan terkait DBD tersebut, terutama bagi anggota LBB yang hadir, mengingat akhir-akhir ini Tanah Bumbu sedang memasuki musim pancaroba.

dr. Ardian pun menjelaskan, bahwa DBD merupakan salah satu dan berbagai penyakit yang dapat ditularkan dari gigitan nyamuk. DBD sendiri tergolong kedalam jenis penyakit yang diakibatkan oleh serangan virus yang bernama Dengue, Virus Dengue sendiri merupakan virus yang dibawa oleh beberapa jenis nyamuk yang sebagian besar merupakan jenis nyamuk Aedes Aegypti.

“Setelah gigitan nyamuk itu, virus nya akan berkembang didalam darah sekitar empat sampai tujuh hari,” ungkap dr. Ardian.


Dalam kesempatan ini, dr. Ardian juga menjelaskan setelah hari keempat pasca terjadinya gigitan nyamuk, biasanya demam akan turun dan hari keenam demam akan naik lagi.

“Sangat berbahaya apabila terjadi pada anak-anak, karena bisa menyebabkan dehidrasi, jadi kita harus bisa melihat, jika terjadi tanda-tanda DBD harus bisa ditangani lebih awal, salah satunya dengan mengkonsumsi banyak cairan” jelasnya.

Selanjutnya, Ketum LBB H. Risdianto melalui pelitanusantara.net mengajak para anggota LBB untuk melakukan pemantauan jentik di rumahnya masing-masing, membersihkan lingkungan sebagai upaya pemberantasan sarang nyamuk, dan melakukan 3-M yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur. (Red)

Baca Juga  Tanah Bumbu Gelar Peringatan Hari Otomomi Daerah ke 27

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *